August 15, 2012

Gara-gara Guguk Salam

Suatu hari di sore yang aneh..


“Liat, Bapak beli guguk!” Suara bokap baru datang berbarengan dengan suara motor bebeknya.


“Mana? Mana?” Sahut adik gue semangat langsung nyamperin bokap di teras rumah.


“Ih, lucu!” Nyokap yang lagi jemur baju ikutan nyaut.


“Wah, ada peliharaan baru nih di rumah, tapi mau di kandangin dimana tuh anjing.” Gue yang lagi di dapur (ketauan banget lagi ga puasa) ikut nyaut dalam hati.


Ga lama kemudian adik gue mendatangi dapur sambil menggendong si anak anjing.


“Liat teh, lucu kan?!” Katanya sambil menyodorkan moncong anak anjing berbulu cokelat muda itu ke muka gue secara tiba-tiba.


“Astagfirulloh!!!” reflek menghindar, gue jatoh ngejengkang mendarat dengan pantat saking kagetnya. Takut anjing itu ngigit atau lebih parah jilatin muka gue.


Bukannya prihatin, adik gue malah ketawa ngakak. Apanya yang lucu, dasar adik durhaka! Gue mengutuk dalam hati. Lambat laun gue mulai menyadari sesuatu, semakin ditatap, pandangan si anak anjing itu semakin kosong. Barulah gue sadar kalo anak anjing itu hanyalah seekor boneka. Sial! Mirip banget.


Ga lama bokap masuk dan langsung ikut-ikutan ketawa denger adik gue cerita peristiwa ngejengkangnya gue. -___-“ (Akhirnya gue sadar, ternyata gue emang bakat jadi anak yang terbully.. *Cih!)


“Lucu kan,“ bokap ngelus-ngelus kepala si anak anjing.


“Kirain beneran anjing, Pak.” Gue ikut-ikutan ngelus si anak anjing, pura-pura seneng. Rasanya pengen gue copot jaitan di tengkuknya pake dedelan biar kepalanya lepas. Tapi gue ga sanggup, seakan dihipnotis tampang unyu si anak anjing itu. (Mulai drama…)


Sementara adik gue masih ketawa ga berenti.


Harga diri gue Meeen!!!


“Heh!” bentak gue galak. Adik gue diem. Bentar doang, abis itu ketawa lagi. Sial!


“Mau dikasih nama siapa guguknya?” Kata nyokap yang tiba-tiba masuk bawa-bawa ember kosong.


“Guk-guk, Guki!” Adik gue nyaut.


“Sekalian aja Juki.” Kata gue langsung keingetan salah satu pemain PPT.


“Guguk Salam.” Jawab bokap mantap.


Hening sesaat.


-_____-"


Guguk Salam? What a world?! Bokap lagi kepengen punya anak lagi ato pegimane sih, gue ga ngerti. Agak aneh aja punya boneka dinamain sama kaya nama gue, seperti derajat gue turun menjadi setara dengan mahluk busa berbulu itu.


Nyokap dan adik gue ketawa, ngakak.


Sementara gue bingung menentukan reaksi, harus ikut tertawa atau pingsan seketika.


Gue memutuskan untuk pingsan.


*****

Malemnya adik gue dan nyokap berdua-duaan di kamar cekikikan. Lagi ngapain pasangan ibu dan anak itu gerangan?  Penasaran, gue masuk. Tau apa yang gue liat? Ternyata mereka berdua lagi berfoto sama si Guguk Salam itu. Seperti biasa, gue langsung bikin ekspresi gini -___-“ dan berdiri di depan pintu sambil ngeliatin pasangan ibu dan anak serta hewan kesayangan imitasi mereka bercengkrama.


“Guguknya lucu ya bu, coba kalo hidup beneran.” Kata adik gue naif, melirik ke arah gue kemudian ke nyokap.


Gue diem.


Nyokap diem.


Gue masih berdiri di pintu. (Trus ?!)


Tiba-tiba adik gue langsung berkata “Hiduplah… hiduplah.. hiduplah..” sambil goyang-goyangin badan si Guguk Salam seperti membaca mantra. Entah berapa tingkat ke-naif-an adik gue yang satu itu, mungkin kalo ada mata kuliah Kenaifan dengan bobot SKS 6 sekalipun, adik gue akan dapet nilai A++. Saking naifnya.


“Heh, Jangan! Kalo hidup beneran ibu yang takut!” nyokap ngomel.


Adik gue manyun.


FYI, sampai saat ini pun si Guguk Salam masih jadi primadona di rumah. Dipegang dan dielus-elus. Kadang diajak ngobrol, ga cuma sama adik gue yang mengharapkan dia hidup, tapi sama semua penghuni rumah. Mau liat mahluknya seperti apa? Ini dia..

                                                        Guguk Salam. Imut,  mematikan.

**Pesan moral: Jangan beli boneka anjing.


Share:

1 komentar:

Nemo said...

Hahahaha ikutan ngakak!!
Gimana gak dibully kamu?? Mungkin dari lahir kamu sudah bakat untuk dibully.

Hahahaha ngakak lagi aaahhhh