May 03, 2012

#Day2 - Ganti Template Ah~

  Berhubung saya moody, karena sering banget gonta-ganti (hampir) apapun, ganti tas tiap minggu, ganti id twitter 3x dalam sehari, bisa tiba-tiba nangis abis ketawa terbahak-bahak *sebut saja karena gangguan jiwa,  sampe ganti-ganti template blog 16x dalam seminggu. Bahkan kalo bisa ganti muka pun akan saya usahakan, saking moody-nya. *Cih!

     " Template bagi sebuah akun blog bagaikan arsitektur bagi sebuah rumah " mungkin itu ungkapan yang tepat kalau harus mendeskripsikan pentingnya template bagi hidup saya keberlangsungan hidup blog saya. Karena #30HariBlogging inilah blog saya akhirnya hidup kembali setelah lebih dari setahun mati suri dibawah bayang-bayang under-construction. :p

  Sebenernya blogger sudah cukup baik menyediakan beberapa pilihan template, tapi entah kenapa belum ada satupun dari mereka yang memenuhi kriteria idaman saya.  Berburu template di luar bisa jadi alternatif loh, selain lebih bervariasi, kita juga bisa membuat blog kita ga cuma standar dengan 2 kolom. *2KolomLebihBaik <--- Macam slogan KB  -__-"

   Sebenernya postingan ini terinspirasi sekaligus didedikasikan oleh dan untuk @nalynahalaw yang tadi ngintip saya ganti template. Mudah-mudahan ini cara ter-simple yang bisa saya berikan.

1.       Cari template yang disukai, bisa dengan minta tolong mbah Google. Nah, buat contoh, saya ngambill template di deluxe-template. Tinggal klik download.


2.       Setelah diunduh, bentuk file biasanya rar, nah tinggal di extrak dan cari file tipe xml-nya.
3.      Setelah itu masuk pengaturan template di blogger, klik cadangkan/pulihkan di pojok kanan atas.

4.      Tips: Jangan lupa untuk membuat langkah antisipasi dengan mengunduh template yang sedang kita gunakan. Ini berfungsi kalau ternyata template yang kita pilih tidak sesuai atau terjadi beberapa kesalahan pengeditan, jadi bisa di kambalikan ke bentuk awal.
5.      Nah, kalo sudah, unggah file xml yang tadi sudah di extrak dan klik selesai. 
6.    Udah deh.


Semoga bermanfaat dan selamat mencoba :)
Share:

3 komentar:

Nemo said...

Setujuuuu aku juga suka moody apalagi kalo masalah template layaknya para ababil aku suka gonta ganti. Kadang cari template yg udah ada via google kadang edit2 sendiri via template designer....

Postingan kamu ini manfaat bgt buat yang mau ganti template yang juga berjiwa moody moodpecker kayak Uki hahaha

Hello I'm Na said...

cieeeeeeeeeeeee kiwkiw ada nama ekeuuuuuuuuuuu :*
nyahahahaahahaha
arigatou Ujaaaang. Arassssoooooooo!!!
dorong saya untuk nyoba, yah? :D *self dorong* #apaaah

the trouble said...

@iFlowery- Ahaha... Ciyee yg moody juga :p

@nalynahalaw- Hahaha, dorong pake grobak mau tong?